Pages

Sabtu, 30 April 2011

Rintihan mahasiswi

Yuuk mari dimulai. Sangat ingin merintih. Kuliah ini memang berat yaa. Butuh kesabaran yang sangat luar biasa. Kehidupan DORLAN sangat tergantung oleh jarkom. Jarkom itu datang seenak jidat tanpa peduli perasaan orang-orang di sekitarmya. Susah kalo hidup tergantung jarkom.

Suatu ketika kami diberitahukan jadwal ada kuliah IKA di RSUAM. Dengan semangat luar biasa yang menggelora di dada kami menunggu seorang dokter senior spesialis anak. Beliau adalah sosok dokter yang tegas bahkan bijaksana. Sempat beliau beberapa kali mengajar kami ketika duduk di semester 2. Beliau memang sosok yang lucu, ceplas-ceplos, iseng tapi tetap tegas. Beliau masuk kelas seketika kelas hening, mulai memegang mikrophone dan bicara. Mengulas mengenai materi yang akan dipelajari ternyata sungguh banyak. Beberapa belas bab yang harus kami kuasai dalam waktu 3 minggu. Karena beberapa bab awal telah dibahas pada semester 2, beliau hanya melewatkan slide-slide itu. Ketika teman kami ada yang protes intinya sih kayanya pengen dibahas lagi. Dengan santai beliau bilang "Yasudah ini kita bahas secara cepaat saja yaa" sambil mengarahkan panah dari slide awal tiba-tiba sudah di slide akhir dengan isi "terimakasih". Yaa serentak seisi kelas tertawa karena tingkah beliau. Lumayan banyak bab yang beliau lewatkan, kurang lebih sepertiga dari belasan bab awal telah dibahas secara cepat. Yaa tentunya dengan mengarahkan slide awal dan tiba-tiba ke akhir. Tibalah di bab selanjutnya yang harus kami pelajari mengenai termoregulasi. Serius kami mencatat, baru sampai slide kedua setelah judul. Handphone beliau berdering, beliau komat kamit "sito, sito, sito". Entah apa itu kami ga ngerti. Beliau mematikan laptop dan bilang "Nanti saja ya kita lanjut, ada operasi". Yaa kami bengong seketika, saya sangka ini hanya lelucon. Dan kelaspun bubar tanpa ada kuliah hari itu. Padahal hari itu ada acara peresmian kampus kami yang menjadi FAKULTAS KEDOKTERAN. Kami meninggalkan acara itu dan tidak menonton persembahan oleh rekan sejawat DORLAN. Sungguh kasian rekan kami yang tampil, tidak ditonton, buru-buru, deg-degan dan sampe RSUAM tidak jadi kuliah IKA. Yaa kami masih tidak percaya, sungguh dalam waktu beberapa menit beliau melewatkan beberapa bab. Dan ketika ingin serius mulai bab baru, kuliah dibatalkan karena ada operasi. Sungguh luar biasa, beliau meninggalkan 115 mahasiwa demi menyelamatkan 1 nyawa. Ketika kami keluar, ternyata beliau bingung karena mobil beliau terhalang oleh mobil mahasiswa sehingga tidak bisa keluar. Beliau akhirnya menuju rumah sakit naik motor digonceng seorang rekan saya karena mengejar waktu operasi demi nyawa seorang anak. Sungguh luar biasa!! Jadi intinya kami ke RSUAM hanya numpang makan nasi bungkus dari acara persemian FK. hahaha

Di hari lain, masih dengan jarkom. Jarkom mengatakan kuliah IKA jam 7 pagi. Malamnya saya menginap di rumah sepupu tepatnya di Sukarame sehingga pagi-pagi jam 6 saya sudah pulang ke rumah mengejar waktu untuk persiapan kuliah jam 7. Jam 7 yaa menurut saya itu masih subuh. Jam anak sekolahpun tidak jam 7 tepat. Saya pikir telat 5 menit masih boleh. Dan ketika saya selesai mandi mendapat jarkom dari teman saya bahwa sudah tidak boleh masuk kelas lagi karena beliau sudah ngamuk. Fine, saya masih santai karena itu masih telat 5 menit. Saya pastikan lagi dan ternyata beneran ga boleh masuk. Hampir setengah isi kelas berada di luar kelas karena dilarang masuk. Wahh, untuung saya masih di rumah hehehe. Mereka menunggu di luar, mendengarkan kuliah dari luar, mencatat dari luar. Mirisnya hari itu beliau membahas 3 bab yang sangat penting. Aduuh rugi ilmu nih, tapi untung ga seberapa rugi belum ke kampus sih hahaha. Ketika kuliah selesai barulah saya ke kampus untuk menunggu ditraktir salah seorang rekan. Yaa pelajaran hari itu DISIPLIN. Kita sebagai seorang dokter harus disiplin, yaa lagi-lagi menyangkut nyawa seseorang. Saya paham maksud beliau untuk mengajarkan disiplin kepada kita sejak dini.

Baik ini kisah beda lagi. Mengenai hari ini tanggal 30 April 2011. Bb mati semaleman, pas pagi di cas malah ga idup-idup. Dibanting dulu baru idup hahaha. Karena malemnya sudah ada jarkom bahwa kuliah jam 10 pagi jadinya saya pagi-pagi buat fb WAJAN (warung jajanan aneka souvenir). Itu adalah usaha kemahasiswaan yang bergerak di bidang souvenir lucu. Sekalian promosi hahaha. Naah saya pagi-pagi disibukkan dengan WAJAN. Hingga jam setengah 9, bb ga idup juga. Kesel rasanya, akhirnya update twiter dari laptop. Ehh ada mention masuk dari Shinta Trilusiani minta jemput dan kasih kabar kuliah jam 9 pagi ini. Waw langsung gelabakan cari bb, ga idup juga. Banting batre, cas lagi eeeehhhh baru idup. Telpon shinta memastikan apakah dia becanda, yaahh ternyata seriusan toh.

Padahal kalo kuliah jam 10 rencananya baru mau mandi jam 9. Mikir lagi, Yaa Allah baru inget kalo kuliahnya di RSUAM dan jarak rumah saya ke RSUAM begitu terbentang jauh sehingga saya memutuskan untuk tidak mandi. Ganti baju tidur dengan baju kuliah, pake jilbab, pake bedak, pake parfum hahaha. Pastinya tanpa mandi, gosok gigi, cuci muka. Ambil hape, tarik duit 20rebu, ambil kertas sebiji, pake kacamata, ambil kuci cuuuusss berangkat. Tanpa peduli kamar berantakan, laptop masih idup, garasi kebuka, pager kebuka. Tanpa peduli umi ngoceh bilang kalo telat gapapa yang penting jangan kebut. Dan di jalan sadar kalo lupa bawa tas, dan lupa pake kaos kaki. Ahhh bodoooo amaat yang penting kuliah. Cuuusss kebut ke arbenta jemput si tuyul, yeeeaaaa ngajakin tuyul itu kebutan di jalanan. Start dari arbenta 08.48. Posisi motor ga ada bensin. Bener-bener udah dibawah garis merah. Modal nekat aja aahhh, mau ngisi takut telat. Nyuruh shinta doa aja palingan andelannyaa. Yihaaaa sampe juga di diklat dengan selamat tepat jam 08.53. Yuhuuu arbenta-RSUAM hanya dengan 5 menit dengan bensin limited. Alhamdulilah selamat :)

Yak dengan persiapan mental bakal dihina-bina gara-gara ga mandi. Langkah pasti ke kelas dengan badan yang gerahnya luarbiasa. Untung AC diklat dingin ga kaya di kampus. Yak tiba-tiba jam 10 ajaa. Tau datengnya telat mah ngapain jadwal dimajuin, tau gitu kan bisa mandi, bisa ngisi bensin dulu tanpa harus kebutan. Yak tiba-tiba jam 11 aja. Udah ga kuat laparpun melanda, padahal sudah sarapan nasi dan susu tadi pagi. Dan jreng jreng peje obgyn bersuara, katanya boleh makan dulu yang mau makan karena dokternya lagi operasi. Okeii ga bisa nyalahin siapa-siapa juga, lagi-lagi harus mengalah demi nyawa seseorang. Kami keluar RSUAM mencari sebongkah air minum. Sudah selesai nyari makanpun belum dateng beliau, memutuskan jalan-jalan ke kamar mayat. Tapi kamar mayat dikunci, yaahhh kecewa. Pindah ke kelas aja ahh nonton, anak-anak bikin tayangan bioskop seadanya. Lagi nonton tiba-tiba pegawai rumah sakit bilang "LCD dipinjemin untuk kuliah bukan unyuk nonton". Penonton bubar dan kecewa. Kami akhirnya beralih ke ruang delima, ingin melihat bayi-bayi yang baru saja dilahirkan ibunya. Yak jam telah menunjukan pukul 12. Seharusnya saya bisa mandi dengan tenang di rumah. Belum saja sampai ruang delima, sudah ada pemberitahuan dari rekan bahwa kuliah dibatalkan.

Lemas langsung badan saya, sia-siaa. Tapi bersyukur juga, untung ga mandi soalnya ga jadi kuliah. Yaaa saya ini memang suka sok bersyukur aja biar nyenengin diri hahaaha. Pada bubarlah 115 orang mahasiswa tak berdosa ini. Lagi-lagi gagal menimba ilmu. Lengket iyaa badan ini. Akhirnya kami memustuskan unytuk karaokean. Baiklah saya suka ini, tapi dengan posisi ga mandi saya ke Lotus dengan pedenya. Gapapa sih kalo ke kampus mah udah biasa ga mandi. Bahkan SMA pun sering ke sekolah ga mandi. Tapi ini ke EMOL guys, dengan temen-temen lagi hahaha. Kalo sama keluarga sih pernah. Yuuk lanjut lagi aahhh, pas banget abis lampu merah RSUAM motor mulai ngak ngik ngoooooook. Bingung mah iyaa, ngook ngoook geh di kanan jalan. Langsung ajaa saya tempong ke kiri jalan, kebetulan ada jual bensin eceran disana hahaha. Untung selamat uyeeeeeeyy. Si abang bensin malah bilangin saya "Mantap mba selon bener bawa motornya". Yak saya hanya tersenyum.

Anehnya, begonya emang hari ini saya bersama 2 rekan saya tiba duluan di invis. Masuk room 15. Ternyata bbm 2 rekan saya yang lainnya ga sampe karena lemot. Jadi mereka juga sudah masuk ke room berbeda yaitu room 21. Jadinya kami pun pisah ngooooook zzzzz. Duit ga ada, sokongannya jadi banyak dong huahuahua. Hari ini emang dang ding dong :(

Intinya sih kuliah itu butuh perjuangan, jangan sampe hape mati yaa karena hidup dan mati kita ada di jarkom. Hape mati, jarkom ga sampe, yasudah kitanya juga mati hahahaha. Sekian :)


4 komentar:

SHINTA TRILUSIANI mengatakan...

eh setan..lo ini parah ya gw dikatain tuyuuul..
eeehh awas lo yaaa parah komen lo di DORLAN itu..ampe kiamat jg ga gw kasih tw lelaki berkiblat surga itu siapa huahuahuahuahuahua (berasa ada gitu orgnya)

r.a.siti marhani mengatakan...

loh? emang tuyul itu siapalah? huhuhuuu
nah tuuuuh kaan siapa geh kuk siapaaaa

Sulaiman Gayo mengatakan...

wuuueeeehh,,

mantap2 mantap,,
crita tanpa d sensor,, hehe

Criete Perjuangan Untuk menjadi Dokter yg baek,, hehe

SMANGAT SAHABAT DORLAN

r.a.siti marhani mengatakan...

hehehe
semangat juga akhi :)

Posting Komentar